KEPUTUSAN FATWA
MAJELIS ULAMA INDONESIA
(MUI)
PROP. JAWA TIMUR
No. Kep-01/SKF-MUI/JTM/I/2012
Tentang :
TENTANG KESESATAN AJARAN SYI’AH
Membaca:
1. Surat Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Bangkalan No.
26/26-XV/DP-MUI/BKL/XII/2011 tertangal 17 Desember 2011 tentang Permohonan
Ketetapan Aliran Syi’ah
2. Surat Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Sampang
No.A-034/MUI/Spg/XII/2011 tertanggal 30 Desember 2011 tentang Laporan Peristiwa
di Desa Karang Gayam
3. Surat Keputusan Rapat Koordinasi MUI
Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (Korwil) Surabaya No.
01/Korwil/Sby/I/2012 tertanggal 12 Januari 2012 tentang Aliran Syi’ah yang
isinya meminta kepada MUI Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kajian dan
penetapan fatwa Syi’ah.
4. Surat Keputusan Rapat Koordinasi MUI
Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (Korwil) Besuki No.
01/MUI/Besuki/I/2012 tertanggal 13 Januari 2012 tentang Aliran Syi’ah yang
isinya meminta kepada MUI Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kajian dan
penetapan fatwa Syi’ah.
5.
Rekomendasi Hasil Musyawarah Badan Shilaturrahmi
Ulama Pesantren Madura (BASSRA) Selasa, 03 Januari 2012 yang salah satu isinya
meminta agar MUI Provinsi Jawa Timur mengeluarkan fatwa tentang ajaran Syi’ah.
6.
Surat dari Jam’iyah Ahlussunnah wal Jama’ah Bangil
Pasuruan No. 025/ASWAJA/I/2012 tertanggal 10 Januari 2012 tentang Permohonan
Fatwa Sesat Ajaran Syi’ah.
7. Surat Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Gresik No.
003/MUI/KAB.G/I/2012 tertangal 19 Januari 2012 tentang Laporan Keberadaan
Syi’ah di Gresik
8. Pernyataan Sikap Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB)
Jatim tanggal 17 Januari 2012 menyikapi kasus Sampang dan ajaran Tajul Muluk.
9. Pernyataan Sikap 83 ulama Pondok Pesantren menyikapi
aliran yang dibawa oleh saudara Tajul Muluk tangal 10 Januari 2012.
10.
Pernyataan Sikap PCNU Sampang No.
255/PC/A.2/L-36/I/2012 menyikapi ajaran yang dibawa oleh saudara Ali
Murtadlo/Tajul Muluk.
11.
Laporan Hasil Investigasi Kasus Aliran Syi’ah di Kabupaten Sampang Propinsi
Jawa Timur tanggal 9 April 2011
12. Buku-buku kajian
tentang faham Syi’ah antara lain:
a. Al-Milal wa al-Nihal
karya al-Syahratstani (hal. 198-203)
b. Al-Fishal fi al-Milal
wa al-Ahwa wa al-Nihal karya Ibn Hazm
c. Export Revolusi
Syi’ah ke Indonesia karya Achmad Zein Alkaf (al-Bayyinat)
d. Dialog Apa dan Siapa
Syi’ah karya Achmad Zein Alkaf (al-Bayyinat)
e. Mengenal Syi’ah Karya
Achmad Zein Alkaf (al-Bayyinat)
f. Syi’ah Bukan Islam?
Karya Lajnah Ilmiyah HASMI
Menimbang:
1.
Bahwa berdasarkan laporan dari masyarakat dan para
ulama di beberapa daerah di Jawa Timur dinyatakan bahwa faham Syi’ah Imamiyah
Itsna Asyariyah (menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait dan semisalnya) telah
tersebar di beberapa daerah di Jawa Timur
2.
Bahwa adanya indikasi penyebaran faham Syi’ah Imamiyah
Itsna Asyariyah (menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait dan semisalnya) dilakukan
secara masif kepada warga yang menganut faham ahlu al-sunnah wa al-jama’ah.
3.
Bahwa telah ditemukan indikasi di beberapa daerah penyebaran
faham Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah (menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul
Bait dan semisalnya) dilakukan kepada warga yang menganut faham ahlu al-sunnah
wa al-jama’ah dari kalangan tidak mampu disertai dengan pemberian dalam bentuk
santunan.
4.
Bahwa praktik-praktik penyebaran faham Syi’ah Imamiyah
Itsna Asyariyah (menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait dan semisalnya) yang
dilakukan secara masif terhadap masyarakat yang berfaham ahlu al-sunnah wa
al-jama’ah, jelas-jelas berpotensi menyulut keresahan dan konflik horisontal.
5.
Bahwa berdasarkan penelitan saat ini tidak kurang
dari 63 lembaga berbentuk Yayasan, 8 lembaga Majelis Taklim, 9 organisasi
kemasyarakatan, dan 8 Sekolah, atau pesantren yang ditengarahi
mengajarkan/menyebarkan faham Syi’ah.
6.
Bahwa konflik-konflik yang melibatkan pengikut
faham Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah (menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul
Bait dan semisalnya) sudah sering terjadi dan telah berjalan cukup lama
sehingga dibutuhkan adanya upaya pemecahan yang mendasar dengan memotong sumber
masalahnya. Tanpa upaya pemecahan yang mendasar sangat dimungkinkan konflik
akan muncul kembali di kemudian hari dan bahkan berpotensi menjadi lebih besar.
7.
Bahwa diantara ajaran yang dikembangkan oleh faham
Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah (menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait
dan semisalnya) adalah membolehkan bahkan menganjurkan praktik nikah mut’ah (kawin
kontrak) yang sangat berpotensi digunakan untuk melegetimasi praktik perzinaan,
seks bebas, dan prostitusi serta
merupakan bentuk pelecehan terhadap kaum wanita sehingga bila tidak dicegah
akan bertolak belakang dengan upaya pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah
mencanangkan program menata kota bersih asusila dengan menutup tempat-tempat
prostitusi.
8.
Bahwa penyebaran faham Syi’ah yang ditujukan
kepada pengikut ahlu al-sunnah wa al-jama’ah patut diwaspadai adanya
agenda-agenda tersembunyi, mengingat penduduk Indonesia yang berfaham pengikut
ahlu al-sunnah wa al-jama’ah tidak cocok apabila syi’ah dikembangkan di
Indonesia.
9.
Bahwa diperlukan adanya pedoman untuk membentengi
aqidah umat dari aliran yang menyimpang dari faham ahlu al-sunnah wa al-jama’ah
(dalam pengertian yang luas).
Memperhatikan
:
- Keputusan Fatwa MUI tanggal 7 Maret 1984 tentang Faham Syi’ah yang menyatakan bahwa faham Syi’ah mempunyai perbedaan pokok dengan Ahlu al-sunnah wa al-jama’ah yang dianut oleh umat Islam di Indonesia.
- Keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia II 26 Mei 2006 tentang Taswiyat al-Manhaj (Penyamaan Pola Pikir Dalam Masalah-masalah Keagamaan) khususnya butir (4) dan butir (6) yang menyatakan bahwa perbedaan yang dapat ditolerir adalah perbedaan yang berada di dalam majal al-ikhtilaf (wilayah perbedaan) yaitu wilayah pemikiran yang masih berada dalam koridor ma ana alaihi wa ashhaby yakni faham keagamaan ahlu al-sunnah wa al-jama’ah (dalam pengertian luas), sedangkan di luar majal al-ikhtilaf tidak dikategorikan sebagai perbedaan, melainkan penyimpangan.
- Keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia II 26 Mei 2006 tentang Peneguhan Bentuk dan Eksistensi NKRI.
- Keputusan MUI tertanggal 6 Nopember 2007 tentang 10 kriteria aliran sesat/menyimpang.
5.
Telaah terhadap kitab yang menjadi rujukan dari faham syi’ah antara lain:
- al-Kafi
- Tahdzib al-Ahkam
- al-Istibshar
- Man La Yahdluru al-Faqih
- Buku-buku Syi’ah yang lain seperti: Bihar al-Anwar, Tafsir al-Qummi, Fashl al-khithab fi itsbati tahrifi kitabi rabbi al-Arbab, Kasyfu al-Asrar li al-Musawi.
- Buku-buku Syi’ah berbahasa Indonesia antara lain: Saqifah Awal Perselisihan Umat tulisan O. Hashem; Shalat Dalam Madzhab Ahlul Bait tulisan Hiayatullah Husein al Habsyi; Keluarga Suci Nabi Tulisan Ali Umar al-Habsyi
Berdasarkan kitab-kitab tersebut dapat diketahui
adanya perbedaan yang mendasar dengan ahlu al-sunnah wa al-jama’ah (dalam pengertian
luas) tidak saja pada masalah furu’iyah tetapi juga pada masalah ushuliyah (masalah
pokok dalam ajaran Islam) diantaranya:
a. Hadits menurut faham
Syi’ah berbeda dengan pengertian ahlu al-sunnah. Menurut Syi’ah hadits meliputi
af’al, aqwal, dan taqrir yang disandarkan tidak hanya kepada Nabi Muhammad Saw tetapi
juga para imam-imam Syi’ah.
b. Faham syi’ah meyakini
bahwa imam-imam adalah ma’shum seperti para nabi.
c. Faham Syi’ah memandang
bahwa menegakkan kepemimpinan Imamah) termasuk masalah aqidah dalam agama.
d.
Faham Syi’ah mengingkari Otentisitas Al-Qur’an dengan
mengimani adanya tahrif al-Qur’an
أ.
عن جابر قال: سمعت ابا جعفر عليه السلام يقول: ما ادعي أحد من الناس أنه جمع
القران كله كما أنزل إلا كذاب , وما جمعه وحفظه كما نزل الله تعالي إلا علي بن ابي
طالب عليه السلام و الائمة من بعده عليهم السلام (اصول الكافي ج1/ص 284)
ب. عن ابي جعفر عليه السلام انه قال: ما يستطيع احد ان يدعّي
أن عنده جميع القران كله ظاهره وباطنه غير الاوصياء (اصول الكافي ج1/ص 284-285)
ت. عن ابي عبد الله عليه السلام قال: ان القران الذي جاء به
جبريل عليه السلام إلى محمد صلى الله عليه وسلم سبعة عشر ألف آية (اصول الكافي ج2/باب النوادر, رقم 28)
e. Faham Syi’ah meyakini
turunnya wahyu setelah al-Qur’an yakni yang disebut mushaf Fatimah
أ.
إن الله تعالى
لما قبض نبيه صلى الله عليه وآله دخل على فاطمة عليها السلام من وفاته من الحزن ما
لا يعلمه إلا الله عزوجل فأرسل الله إليها ملكا يسلي غمها ويحدثها، فشكت ذلك إلى
أمير المؤمنين عليه السلام فقال: إذا أحسست بذلك وسمعت الصوت قولي لي فأعلمته بذلك
فجعل أمير المؤمنين عليه السلام يكتب كل ما سمع حتى أثبت من ذلك مصحفا قال: ثم
قال: أما إنه ليس فيه شئ من الحلال والحرام ولكن فيه علم ما يكون (اصول الكافي ج1/ص 296)
ب. وإن
عندنا لمصحف فاطمة عليها السلام وما يدريهم ما مصحف فاطمة عليها السلام؟ قال: قلت:
وما مصحف فاطمة عليها السلام؟ قال: مصحف فيه مثل قرآنكم هذا ثلاث مرات، والله ما
فيه من قرآنكم حرف (اصول الكافي ج1/ص 290)
f. Syi’ah banyak
melakukan penafsiran al-Qur’an yang mendukung faham mereka antara lain
melecehkan sahabat Nabi Saw. Misalnya penulis Tafsir al-Qummi menafsirkan
kalimat dalam surat al-Hajj ayat 52
أَلْقَى الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ: يعني أبا بكر وعمر
(تفسير القمي ص. 259)
g. Syi’ah meyakini bahwa
para sahabat telah murtad sesudah wafatnya
Rasulullah Saw, kecuali tiga orang.
عن أبي جعفر قال : كان الناس أهل ردة بعد النبي صلى الله عليه
وآله إلا ثلاثة فقلت: ومن الثلاثة؟ فقال: المقداد بن الأسود وأبو ذر الغفاري و سلمان
الفارسي رحمة الله وبركاته عليهم (روضة الكافي ص 198
ر. 341, بحار الانوار ج 22/ ص333)
h. Faham Syi’ah meyakini
bahwa orang yang tidak mengimani terhadap imam-imam Syi’ah adalah syirik dan
kafir
إعلم أن إطلاق لفظ
الشرك والكفر على من لم يعتقد بإمامة أمير المؤمنين والائمة من ولده عليهم السلام
وفضّل عليهم غيرهم يدل على أنهم كفار مخلدون في النار ( بحار الانوار ج 23/ ص390)
i.
Faham Syi’ah melecehkan sahabat Nabi Saw. Termasuk
Abu Bakar ra dan Umar ra.
أ.
ومن
الجبت أبو بكر ومن الطاغوت عمر والشياطين بني امية وبني العباس (شرح الزيارة
الجامعة الكبيرة ج 3/ص156)
ب. وإن الشيخين (-أبا بكر وعمر-) فارقا الدنيا ولم يتوبا ولم يتذكرا ما صنعا بأمير المؤمنين فعليهما لعنة الله والملائكة والناس أجمعين (روضة الكافي/ ص 198, رقم 343 ؛ كشف الأسرار وتبرئة الأئمة الأطهار ص 84)
j.
Faham Syi’ah meyakini bahwa orang yang selain
Syi’ah adalah keturunan pelacur
والله يا أبا حمزة إن الناس كلهم أولاد بغايا ما خلا شيعتنا
(روضة الكافي: ص 227 رقم 431)
k.
Faham Syi’ah membolehkan bahkan mengaىjurkan praktik nikah mut’ah.
أ.
عَنْ
زُرَارَةَ قَالَ جَاءَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَيْرٍ اللَّيْثِيُّ إِلَى أَبِي جَعْفَرٍ عليه السلام فَقَالَ لَهُ مَا تَقُولُ فِي مُتْعَةِ
النِّسَاءِ فَقَالَ أَحَلَّهَا اللَّهُ فِي كِتَابِهِ وَ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّهِ صلى الله عليه وآله فَهِيَ حَلَالٌ
إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ فَقَالَ يَا أَبَا جَعْفَرٍ مِثْلُكَ يَقُولُ هَذَا وَ
قَدْ حَرَّمَهَا عُمَرُ وَ نَهَى عَنْهَا فَقَالَ وَ إِنْ كَانَ فَعَلَ قَالَ
إِنِّي أُعِيذُكَ بِاللَّهِ مِنْ ذَلِكَ أَنْ تُحِلَّ شَيْئاً حَرَّمَهُ عُمَرُ
قَالَ فَقَالَ لَهُ فَأَنْتَ عَلَى قَوْلِ صَاحِبِكَ وَ أَنَا عَلَى قَوْلِ
رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه
وآله فَهَلُمَّ أُلَاعِنْكَ
أَنَّ الْقَوْلَ مَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وآله وَ أَنَّ الْبَاطِلَ مَا قَالَ صَاحِبُكَ قَالَ
فَأَقْبَلَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَيْرٍ فَقَالَ يَسُرُّكَ أَنَّ نِسَاءَكَ وَ
بَنَاتِكَ وَ أَخَوَاتِكَ وَ بَنَاتِ عَمِّكَ يَفْعَلْنَ قَالَ فَأَعْرَضَ عَنْهُ
أَبُو جَعْفَرٍ عليه السلام
حِينَ ذَكَرَ نِسَاءَهُ وَ بَنَاتِ
عَمِّهِ (فروع
الكافي ج 3/ص 455)
ب. الْحُسَيْنُ
بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ أَحْمَدَ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ سَعْدَانَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ
عُبَيْدِ بْنِ زُرَارَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ ذَكَرْتُ لَهُ الْمُتْعَةَ أَ هِيَ مِنَ
الْأَرْبَعِ فَقَالَ تَزَوَّجْ مِنْهُنَّ أَلْفاً فَإِنَّهُنَّ مُسْتَأْجَرَاتٌ (فروع
الكافي ج 3/ص 458)
l.
Ajaran Syi’ah menghalalkan darah ahlu al-sunah
ولهذا أباحوا دماء أهل السنة وأموالهم فعن داود بن فرقد قال: قلت لأبي عبد الله ما تقول في قتل الناصب؟: قال: حلال الدم، ولكني أتقي عليك، فإن قدرت أن تقلب عليه حائطًا أو تغرقه في ماء لكيلا يشهد عليك فافعل (كشف الأسرار وتبرئة الأئمة الأطهار ص 85 ؛ بحار الأنوار ج27/ 231)
m.
Ajaran Syi’ah melecehkan Nabi dan Ummul Mu’minin
إن النبي صلى الله عليه وآله لا بد أن يدخل فرجه النار، لأنه وطئ بعض المشركات) يريد بذلك زواجه من عائشة وحفصة، وهذا كما هو معلوم فيه إساءة إلى النبي صلى الله عليه وآله، لأنه لو كان فرج رسول الله صلى الله عليه وآله يدخل النار فلن يدخل الجنة أحد أبدًا (كشف الأسرار وتبرئة الأئمة الأطهار ص
24-25)
n.
Ajaran Syi’ah juga mempunyai doktrin Thinah
(thinat al-mu’min wa al-kafir) yaitu doktrin yang menyatakanan bahwa
dalam penciptaan manusia ada unsur tanah putih dan tanah hitam. Pengikut Syi’ah
tercipta dari unsur tanah putih sedangkan Ahlu al-sunnah berasal dari tanah
hitam. Para pengikut Syi’ah yang tersusun dari tanah putih jika melakukan
perbuatan maksiat dosanya akan ditimpakan kepada pengikut ahlu al-sunnah (yang
tersusun dari tanah hitam) sebaliknya pahala yang dimiliki oleh pengikut Ahlu
al-sunnah akan diberikan kepada para pegikut Syi’ah. Doktrin ini merupakan
doktrin yang tersembunyi dalam ajaran Syi’ah. (al-Kafi Juz II / Kitab al-Iman, bab thinat
al-mu’min wa al-kafir)
o.
Dan masih banyak lagi keganjilan yang lain
6. Adanya fakta para pengikut Syi’ah menjadikan buku-buku sebagaimana
tersebut pada butir 5 sebagai kitab rujukannya.
- Keputusan Fatwa MUI Kabupaten Sampang No. A-035/MUI/Spg/I/2012 tentang Ajaran Yang Disebarluaskan Sdr Tajul Muluk di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.
- Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Madura No. 01/MUI/KD/MDR/I/2012 tentang Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
- Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Malang No. 13/Korwil-IV/MLG/I/2012 tentang Pengukuhan Fatwa Kesesatan Ajaran Syi’ah;
- Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Besuki No. 01/MUI/Besuki/I/2012 tentang Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
- Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Surabaya tentang Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
- Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Bojonegoro No. Kep-01/MUI/KORDA-BJN/I/2012 tentang Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
- Berbagai kajian yang dilakukan oleh para ahli dan para pengamat terkait aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah, faham, pemikiran, dan aktivitasnya diantaranya Pendapat Prof. Dr. Muhammad Baharun yang menyatakan bahwa Syi’ah dan Ahlu al-Sunnah tidak mungkin disatukan.
- Undang-Undang Dasar tahun 1945 pasal 28 huruf J
- Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 73
- Undang-Undang No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.
- Berbagai pendapat yang berkembang dalam rapat tanggal 21 Januari 2012 yang dihadiri oleh beberapa wakil dari MUI Kabupaten/Kota di Jawa Timur (MUI Kab. Jember, MUI Kab Pasuruan, MUI Kab. Malang, MUI Kab. Sampang, MUI Kota Surabaya, MUI Kab. Tuban, MUI Kab. Bojonegoro, MUI Kab. Ponorogo, MUI Kab. Blitar) dan beberapa ormas Islam.
- Telaah terhadap dokumen-dokumen dalam bentuk VCD/CD antara lain yang mengandung hujatan terhadap sahabat nabi, Perayaan Haul Arbain, Arbain Imam Husain, dan Acara Syi’ah di Gereja Bergzicht Lawang.
- Pedoman dan Prosedur Penetapan Fatwa MUI
Mengingat:
1.
Firman Allah dalam al-Qur’an:
a.
Firman Allah Surat al-Baqarah ayat 177
لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ
الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ
الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَءَاتَى الْمَالَ عَلَى
حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ
وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَءَاتَى الزَّكَاةَ
وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ
وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ أُولَئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَأُولَئِكَ هُمُ
الْمُتَّقُونَ
Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan,
akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari
kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang
dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir
(yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan
(memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan
orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang
sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah
orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.
b.
Firman Allah Surat al-Qamar ayat 49
إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ
Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.
c.
Firman Allah Surat al-Hijr ayat 9
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ
لَحَافِظُونَ
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami
benar-benar memeliharanya.
d. Firman Allah Surat
al-Fath ayat 29
مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ
عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ
فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ
السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ
كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ
يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ
ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia
adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka,
kamu lihat mereka ruku` dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya,
tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah
sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu
seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman
itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman
itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati
orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min). Allah menjanjikan
kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara
mereka ampunan dan pahala yang besar.
e. Firman Allah Surat al-Taubah
ayat 100
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ
وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ
وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ
خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara
orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan
baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah
menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya;
mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.
2.
Hadits-hadits Marfu
أ.
قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنِ الْإِيمَانِ قَالَ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ
وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَتُؤْمِنَ
بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ (رواه مسلم)
ب. بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا
إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ
وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ (رواه البخاري
Islam
Dibangun Diatas Lima (Landasan); Persaksian Tidak Ada Ilah Melainkan Allah Dan Sesungguhnya Muhammad Utusan Allah, Mendirikan
Shalat, Menunaikan Zakat, Haji Dan Puasa Ramadlan (Shahih al-Bukhari, Juz I/hal 54
hadits No.8)
ت. مَنْ قَالَ فِي الْقُرْآنِ بِغَيْرِ عِلْمٍ فَلْيَتَبَوَّأْ
مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
Barang siapa berbicara tentang al-Qur’an tanpa ilmu (yang memadai) maka
hendaklah dia mempersiapkan kedudukannya di neraka” (HR al-Tirmidzi/Sunan al-Tirmidzi V/1999 No.
2950)
ث. وَمَنْ قَالَ فِي الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ
مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
“Barang siapa berbicara tentang al-Qur’an berdasarkan nalarnya saja maka
hendaklah dia mempersiapkan kedudukannya di neraka” (HR al- Tirmidzi/Sunan al-Tirmidzi V/1999 hadits
No. 2951)
ج.
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَسُبُّوا
أَصْحَابِي فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أَنْفَقَ مِثْلَ
أُحُدٍ ذَهَبًا مَا أَدْرَكَ مُدَّ أَحَدِهِمْ وَلَا نَصِيفَهُ
Telah bersabda Rasulullah Saw: “Janganlah kalian mencerca para shahabatku. Demi Dzat yang
jiwaku ada di tangan-Nya, kalau seandainya salah seorang di antara kalian
berinfaq emas sebesar gunung Uhud maka tidak akan dapat menandingi satu mud dari mereka bahkan tidak pula setengahnya” (HR. Al-Bukhari, dalam Shahih al-Bukhari
Juz II/hal 347 No. 3546; Muslim, dalam Shahih Muslim Jilid II hal.1171; dan al-Tirmidzi
dalam Sunan al-Tirmidzi Juz V/hal. 696 hadits No. 3761)
ح.
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهَ اللَّهَ فِي
أَصْحَابِي اللَّهَ اللَّهَ فِي أَصْحَابِي لَا تَتَّخِذُوهُمْ غَرَضًا بَعْدِي
فَمَنْ أَحَبَّهُمْ فَبِحُبِّي أَحَبَّهُمْ وَمَنْ أَبْغَضَهُمْ فَبِبُغْضِي
أَبْغَضَهُمْ وَمَنْ آذَاهُمْ فَقَدْ آذَانِي وَمَنْ آذَانِي فَقَدْ آذَى اللَّهَ
وَمَنْ آذَى اللَّهَ يُوشِكُ أَنْ يَأْخُذَهُ
Takutlah
kepada Allah, takutlah kepada Allah mengenai sahabat-sahabatku. Janganlah kamu
menjadikan mereka sebagai sasaran caci-maki sesudah aku tiada. Barangsiapa
mencintai mereka, maka semata-mata karena mencintaiku. Dan barang siapa membenci mereka, maka berarti semata-mata karena membenciku. Dan barangsiapa menyakiti mereka berarti dia
telah menyakiti aku, dan barangsiapa menyakiti aku berarti dia telah menyakiti
Allah. Dan barangsiapa telah menyakiti Allah dikhawatirkan Allah akan
menghukumnya.
(HR al-Tirmidzi dalam Sunan al-Tirmidzi Juz V/hal. 696 hadits No. 3762)
خ.
عن عُوَيْمِ بْنِ سَاعِدَةَ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ قَالَ: “ إِنَّ اللَّهَ
تَعَالَى اخْتَارَنِي، وَاخْتَارَ لِي أَصْحَابًا، فَجَعَلَ لِي مِنْهُمْ
وُزَرَاءَ وَأَنْصَارًا وَأَصْهَارًا، فَمَنْ سَبَّهُمْ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ
اللَّهِ، وَالْمَلَائِكَةِ، وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ، لَا يقْبَلُ الله مِنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَرْفا وَلَا
عَدْلا.( أخرجه
ابو نعيم فى معرفة الصحابة ج3/ص 1745: رقم 4424 ؛ والطبراني في الأوسط ج1 /
ص 272 رقم 456 ؛ والحاكم في المستدرك ج4/ص68 رقم 2735)
Dari
Uwaim bin Sa’idah ra, sesunguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala telah memilih diriku, lalu memilih untukku
para sahabat dan menjadikan mereka sebagai pendamping dan penolong. Maka
siapa yang mencela mereka, atasnya laknat dari Allah, para malaikat dan seluruh
manusia. Allah Ta’ala tidak akan menerima amal darinya pada hari kiamat, baik
yang wajib maupun yang sunnah”.
د.
إِذَا كَفَّرَ الرَّجُلُ أَخَاهُ فَقَدْ بَاءَ بِهَا
أَحَدُهُمَا
“Jika seseorang mengkafirkan saudaranya, maka
sesungguhnya kalimat itu kembali kepada salah satu dari keduanya.” (HR Muslim, dalam Shahih Muslim Jilid
I/hal 47 hadits No. 111, hadits senada diriwayatkan oleh al-Bukhari, Juz
III/hal. 408 No.5883)
ذ.
عَنْ أَبِي
ذَرٍّ رَضِي اللَّه عَنْه أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَرْمِي رَجُلٌ رَجُلًا بِالْفُسُوقِ وَلَا يَرْمِيهِ
بِالْكُفْرِ إِلَّا ارْتَدَّتْ عَلَيْهِ إِنْ لَمْ يَكُنْ صَاحِبُهُ كَذَلِكَ
Dari Abi Dzar ra bahwa dia mendengan Rasulullah Saw bersabda: “Tidaklah
seseorang melemparkan tuduhan kepada yang lain dengan kefasikan, dan tidak pula
melemparkan tuduhan kepada yang lain dengan kekafiran, melainkan hal itu akan
kembali kepadanya apabila yang dituduh ternyata tidak demikian”.(HR al-Bukhari, Shahih Bukhari Juz III/
hal. 396, No. 582)
ر.
إِنَّ مِنْ أَمَنِّ النَّاسِ عَلَيَّ فِي صُحْبَتِهِ وَمَالِهِ أَبَا بَكْرٍ
وَلَوْ كُنْتُ مُتَّخِذًا خَلِيلًا غَيْرَ رَبِّي لَاتَّخَذْتُ أَبَا بَكْرٍ
وَلَكِنْ أُخُوَّةُ الْإِسْلَامِ وَمَوَدَّتُهُ ِ
Sesungguhnya manusia yang paling terpercaya di
sisiku dengan harta dan jiwanya adalah Abu Bakar. Seandainya aku memilih
kekasih, selain Tuhanku maka aku akan memilih Abu Bakr, Akan tetapi yang ada
adalah persaudaraan Islam dan berkasih sayang dalam Islam. (HR al-Bukhari, Juz II/hal
344 No. 3529; hadits senada diriwayatkan oleh Muslim, Shahih Muslim Jilid
II/hal 1119)
ز.
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اقْتَدُوا بِاللَّذَيْنِ مِنْ بَعْدِي أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ
Rasulullah Saw bersabda ikutilah teladan orang-orang setelahku yaitu
Abu Bakar dan Umar (HR
al-Tirmidzi, Juz V/hal 609 No. 3662)
س.
عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ –صلى الله عليه وسلم- «
أَبُو بَكْرٍ فِى الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِى الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِى الْجَنَّةِ
وَعَلِىٌّ فِى الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِى الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِى الْجَنَّةِ
وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِى الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِى الْجَنَّةِ
وَسَعِيدٌ فِى الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِى الْجَنَّةِ
Dari Abdurrahman bin Auf dia berkata; Rasulullah Saw bersabda: “Abu Bakar
di syurga, Umar di syurga, Utsman di syurga, Ali di syurga, Thalhah di syurga,
Zubair di syurga, Abdurahman ibn Auf di syurga, Sa’ad (ibn Abi Waqqash) di
syurga, Said (ibn Zaid ibn Amru ibn Nufail) di syurga, Abu Ubaidah ibn
al-Jarrah di syurga” (HR
al-Tirmidzi, Juz V/hal 647 hadits No. 3747)
ش.
عن مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ وَأَخُوهُ عَبْدُاللَّهِ بْنُ
مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِمَا أَنَّ عَلِيًّا رَضِي اللَّه عَنْهم قَالَ لِابْنِ عَبَّاسٍ
إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنِ الْمُتْعَةِ وَعَنْ
لُحُومِ الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ زَمَنَ خَيْبَرَ
Dari Muhammad bin Ali dan saudaranya Abdullah bin Muhammad dari Bapak
keduanya bahwasanya Ali Ra berkata kepada Ibnu Abbas sesungguhnya Nabi saw
melarang mut’ah dan makan daging keledai jinak pada masa perang khaibar. (HR al-Bukhari, Juz III/hal 200, hadits No. 4925)
ص. عَنْ إِيَاسِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
رَخَّصَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ أَوْطَاسٍ فِي
الْمُتْعَةِ ثَلَاثًا ثُمَّ نَهَى عَنْهَا
Dari Iyas bin Salamah dari ayahnya berkata : Rasulullah memperbolehkan
nikah mut’ah pada saat perang autas selama tiga hari lalu melarangnya. (HR. Muslim, Shahih Muslim Jilid II/hal.
633)
3. Hadits Mauquf kepada
Ali ra.
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْحَنَفِيَّةِ قَالَ
قُلْتُ لِأَبِي أَيُّ النَّاسِ خَيْرٌ بَعْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ عُمَرُ
وَخَشِيتُ أَنْ يَقُولَ عُثْمَانُ قُلْتُ ثُمَّ أَنْتَ قَالَ مَا أَنَا إِلَّا
رَجُلٌ مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Dari Muhammd bin Hanafiyah dia berkata; Aku bertanya kepada bapakku
(yakni Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu): Siapakah manusia yang
terbaik setelah Rasulullah ? beliau menjawab: “Abu Bakar”. Aku bertanya
(lagi): “Kemudian siapa?”. Beliau
menjawab: “Umar”. Dan aku khawatir beliau
akan berkata Utsman, maka aku mengatakan: “Kemudian engkau?” Beliau menjawab: “Bukan aku kecuali seorang dari
kalangan muslimin”.(diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam Shahih
Bukhari Juz II/hal 347 No.3544)
4. Pendapat Para Ulama
a.
Pendapat Imam Malik
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : وَسَمِعْتُ
أَبَا عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ: قَالَ مَالِكٌ:
الَّذِي يَشْتِمُ أَصْحَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ لَهُ سَهْمٌ، أَوْ
قَالَ: نَصِيبٌ فِي الإِسْلامِ ( الخلال / السن: ۲،٥٥٧ )
Al Khalal meriwayatkan dari Abu Bakar Al Marwazi, katanya : Saya mendengar
Abu Abdulloh berkata, bahwa Imam Malik berkata : “Orang yang mencela
sahabat-sahabat Nabi, maka ia tidak termasuk dalam golongan Islam” ( Al Khalal / As Sunnah, 2-557 )
b.
Pendapat Imam Ahmad
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : سَأَلْتُ
أَبَا عَبْدِ اللَّهِ: عَنْ مَنْ يَشْتِمُ أَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعَائِشَةَ؟
قَالَ: مَا أُرَآهُ عَلَى الإِسْلامِ ( الخلال / السنة : ۲، ٥٥٧)
Al Khalal meriwayatkan
dari Abu Bakar Al Marwazi, ia berkata : “Saya bertanya kepada Abu Abdullah
tentang orang yang mencela Abu Bakar, Umar dan Aisyah? Jawabnya, saya
berpendapat bahwa dia bukan orang Islam”. ( Al Khalal / As Sunnah, 2-557).
c. Pendapat Ibnu Hazm
فإن
الروافض ليسوا من المسلمين إنما هي فرق حدث أولها بعد موت النبي صلى الله عليه و
سلم بخمس وعشرين سنة وكان مبدؤها إجابة من خذله الله تعالى لدعوة من كاد الإسلام
وهي طائفة تجري مجرى اليهود والنصارى في الكذب والكفر
Sesungguhnya rofidhoh bukanlah dari kalangan kaum muslimin, kelompok ini
mula-mula muncul 25 tahun setelah Nabi –shollallohu ‘alaihi wa sallam -
wafat. Dan asalnya bermula dari mengikuti dakwah seorang yang Alloh
hinakan yang hendak memerangi Islam kelompok ini berjalan di atas jalannya orang-orang Yahudi dan Nasrani dalam kedustaan dan kekufuran. (Al-Fishol fil-milal 2/213)
d. Pendapat KH Hasyim
Asyari (Rois Akbar PBNU)
وَاصْدَعْ
بِمَاتُؤْمَرُ لِتَنْقَمِعَ الْبِدَعُ عَنْ اَهْلِ اْلمَدَرِوَالْحَجَرِ. قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم "اِذَاظَهَرَتِ الْفِتَنُ اَوِالْبِدَعُ وسُبَّ
اَصْحَابِيْ فَلْيُظْهِرِالْعَالِمُ عِلْمَهُ فَمَنْ لَمْ يَفْعَلْ ذَلِكَ
فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ وَالْمَلاَئِكَةِ وَالنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ
Sampaikan secara terang-terangan apa yang
diperintahkan Allah kepadamu, agar bid’ah-bid’ah terberantas dari semua orang.
Rasulullah SAW bersabda: “Apabila fitnah-fitnah dan bid’ah-bid’ah muncul dan
sahabat-sahabatku di caci maki, maka hendaklah orang-orang alim menampilkan
ilmunya. Barang siapa tidak berbuat begitu, maka dia akan terkena laknat Allah,
laknat Malaikat dan semua orang.” (Muqadimah Qanun Asasi Nahdlatul ulama )
MEMUTUSKAN
1. Mengukuhkan dan menetapkan keputusan MUI-MUI daerah yang menyatakan bahwa ajaran Syi’ah (khususnya Imamiyah Itsna Asyariyah atau yang menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait dan semisalnya) serta ajaran-ajaran yang mempunyai kesamaan dengan faham Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah adalah SESAT DAN MENYESATKAN.
2.
Menyatakan bahwa penggunaan Istilah Ahlul Bait
untuk pengikut Syi’ah adalah bentuk pembajakan kepada ahlul bait Rasulullah
Saw.
3.
Merekomendasikan:
a. Kepada Umat Islam diminta
untuk waspada agar tidak mudah terpengaruh dengan faham dan ajaran Syi’ah (khususnya
Imamiyah Itsna Asyariyah atau yang menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait
dan semisalnya)
b. Kepada Umat Islam diminta
untuk tidak mudah terprovokasi melakukan tindakan kekerasan (anarkisme), karena
hal tersebut tidak dibenarkan dalam Islam serta bertolak belakang dengan upaya
membina suasana kondusif untuk kelancaran dakwah Islam
c. Kepada Pemerintah baik
Pusat maupun Daerah dimohon agar tidak memberikan peluang penyebaran faham
Syi’ah di Indonesia, karena penyebaran faham Syi’ah di Indonesia yang penduduknya
berfaham ahlu al-sunnah wa al-jama’ah sangat berpeluang menimbulkan
ketidakstabilan yang dapat mengancam keutuhan NKRI.
d. Kepada Pemerintah
baik Pusat maupun Daerah dimohon agar melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan
peraturan perundangan yang berlaku antara lain membekukan/melarang aktivitas
Syi’ah beserta lembaga-lembaga yang terkait.
e. Kepada Pemerintah
baik Pusat maupun Daerah dimohon agar bertindak tegas dalam menangani konflik
yang terjadi, tidak hanya pada kejadiannya saja, tetapi juga faktor yang
menjadi penyulut terjadinya konflik, karena penyulut konflik adalah provokator
yang telah melakukan teror dan kekerasan mental sehingga harus ada penanganan secara
komprehensif.
f. Kepada Pemerintah
baik Pusat maupun Daerah dimohon agar bertindak tegas dalam menangani aliran
menyimpang karena hal ini bukan termasuk kebebasan beragama tetapi penodaan
agama.
g. Kepada Dewan Pimpinan
MUI Pusat dimohon agar mengukuhkan fatwa tentang kesesatan Faham Syi’ah (khususnya
Imamiyah Itsna Asyariyah atau yang menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait
dan semisalnya) serta ajaran-ajaran yang mempunyai kesamaan dengan faham Syi’ah
sebagai fatwa yang berlaku secara nasional.
Surabaya 27 Shofar 1433 H
21 Januari 2012 M
DEWAN PIMPINAN
MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI)
PROPINSI JAWA TIMUR
|
|
|
KH. Abdusshomad Buchori Drs. H
Imam Tabroni, MM
Share This Article
Tidak ada komentar:
Posting Komentar